Tau gak kalau semua orang bisa memiliki bisnis sendiri dari modal “0” yup nol rupiah asal masih punya modal : otak dan kemauan (otak bukan dengan makna kasar “bodoh”,”bego”,dll).

Lalu gimana sih cara biar bisa memiliki perusahaan tanpa modal sama sekali? nahh langsung to the point ya biar gak jenuh bacanya, pertama data potensi keahlian atau apapun yang kira kira dari yang kalian senangi itu bisa menghasilkan uang (contoh senang otak atik motor) berarti arah usaha yang harusnya kalian bangun yakni : jual beli motor,dealer,bengkel,racing team,dll seputar otomotif.

Setelah ketahuan minat dan passion kalian apa baru bikin list kebutuhan membangun usaha itu apa aja :

  1. Modal usaha
  2. Rekan kerja (yang menguasai di bidangnya : marketing,hubungan bisnis,dll)
  3. Kantor

Sedikit aja dulu listnya ntar dikembangin kalau sudah jalan, yuk kita olah satu persatu dari list diatas.

MODAL USAHA : kok modal usaha padahal judulnya aja memulai usaha tanpa modal…..tenang ada triknya, jadi untuk mendapatkan modal usaha ini tidak perlu mengeluarkan dari kantong pribadi kalian namun cari partner untuk dijadikan investor, nah untuk cari investor ini sebenarnya gak terlalu sulit kalau kalian ngerti triknya, nih syarat yang harus alias wajib kalian penuhi biar mudah nyari investor :

  • Bikin proposal terkait usaha yang akan kalian bangun dan ulas sedetail mungkin berikut dengan perhitungan modal dan potensi keuntungan.
  • Lalu bentuk usaha kalian itu biar secara legal sah yakni dengan bentuk PT/CV.
  • Libatkan investor itu dalam susunan direksi agar pihak investor juga bisa langsung memantau sirkulasi keuangan sehingga tercipta kepercayaan dari investor ke kalian sehingga siap support apapun yang terjadi.
  • Bikin Feasibility Study (ntar di artikel lain akan saya bahas cara bikinnya) biar investor makin yakin kalau bisnis yang kalian tawarkan ini layak/memungkinkan dijalankan.

Setelah bahan racikan awal “proposal” ini sudah siap maka masuk tahap kedua agar proposal ini bisa nyampe ke calon investor.

REKAN KERJA : mungkin kalian ada yang memiliki keahlian bagus namun memiliki kelemahan disisi lain, yakni komunikasi nah disinilah fungsi nyari rekan kerja, dari lingkungan pertemanan kalian coba kalian review kira kira siapa yang cocok untuk dijadikan marketing, namun marketing untuk tahap ini yakni marketing untuk ngejual proposal kalian itu biar dapat investor, untuk marketing produk nanti setelah perusahaan terbentuk, dan syarat dari teman kalian yang bakal kalian rekrut jadi marketing “proposal” ini mesti memiliki beberapa syarat berikut :

  1. Terbiasa berpenampilan rapi
  2. Gaya bahasa tidak “urakan”
  3. Wawasan luas dan mau untuk mempelajari hal baru
  4. Mau menerima arahan kalian sebagai pencetus ide bisnis ini
  5. Memiliki jaringan pertemanan banyak dan lebih bagus lagi kalau di jaringan pertemanannya dia banyak pengusaha atau orang yang memiliki modal usaha

Setelah mendapatkan teman yang bisa dan mau diajak bergabung maka libatkan juga dia sebagai pemegang saham nantinya, karena kedepan kalian akan perlu orang yang bisa mengembangkan bisnis dan ini perlu orang yang menguasai ilmu komunikasi bisnis.

Setelah mendapatkan partner untuk menjadi marketing dari proposal kalian maka langkah selanjutnya yakni publikasi konsep bisnis melalui social media,email atau langsung temuin calon investor yang berminat (cara dan strategi akan saya ulas di artikel lain)

KANTOR : di tahap ini berarti kalian sudah mendapatkan investor, dan untuk penghematan cashflow maka sebaiknya yang sederhana dulu dan sambil berjalan dan terbentuk team maka langkah yang harus dijalankan adalah secepat mungkin untuk bisa ekspansi dilokasi/kota lain untuk secepatnya meningkatkan volume transaksi dan mengankat brand perusahaan kalian secara cepat.

Mungkin ini dulu tahapan awal yang bisa saya gambarkan bahwa tidak semua orang membangun bisnis itu harus mengeluarkan modal, dan saya menyebut tehnik ini “mixing the puzzle” dah yang penting punya istilah mau maknanya apa gpp dah.

Okay see you next time, dan kalau ada pertanyaan silahkan comment dan jangan lupa share siapa tau bisa bermanfaat bagi rekan yang lain.